Pengumuman!! PT KAI Hidupkan Lagi Kereta Bogor-Bandung


BOGORDAILY.NET | Bogor. PT KAI akan mengaktifkan rute kereta api Bogor-Bandung lagi. Selama ini, rute kereta dari Bogor hanya sampai Cianjur. Sedangkan dari Cianjur ke Bandung tidak aktif.

Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) Edi Sukmoro mengatakan, rencana aktivasi ini akan mempersingkat perjalanan penumpang asal Bogor dan sekitarnya ke Bandung.

Selama ini, masyarakat Bogor yang akan ke Bandung menggunakan kereta api harus ke Jakarta terlebih dulu.

“Penumpang dari Bogor ngapain lagi ke Jakarta untuk ke Bandung. Mereka lewat sana kan lewat Cianjur lebih cepat, jadi terbuka semua. Ini sudah ada kereta api dari Bogor ke Sukabumi ke Cianjur. Tapi Cianjur yang ke Bandung itu yang belum,” ujar dia Senin, (16/1).

Namun, untuk kembali mengaktifkan jalur ini diperlukan sejumlah perbaikan. Salah satunya soal perbaikan jalur mengingat medannya yang menanjak tajam dan turunan curam.

“Ini harus diperbaiki karena ada kemiringan yang cukup tinggi. Jadi sedang dicari solusinya. Cianjur yang agak tanjakan panjang itu di Padalarang, termasuk baliknya. Ini lagi dihitung untuk mereaktivasi. Treknya juga sudah harus diganti,” lanjut dia.

Nantinya, aktivasi jalur kereta api tersebut akan diperuntukkan bagi kereta penumpang dan juga kereta barang.

Terlebih di wilayah yang dilalui jalur ini terdapat sejumlah sentra industri sehingga diharapkan bisa meningkatkan kegiatan ekonomi di sekitarnya.

“Utamanya penumpang dulu, tapi kalau barang biasa ya mungkin bisa diangkut karena sentra industri dan kerajinan kan banyak sekali di daerah sana. Termasuk di Ciwidey banyak industri di sana,” kata dia. (lip6)



Post a Comment

Mohon berkomentar yang tidak menyinggung SARA. Mari bangun komentar yang konstruktif

Lebih baru Lebih lama