Diguyur Hujan Deras, Tebing di Jalan Raya Puncak Longsor


DETIK.COM | Bogor - Hujan deras yang mengguyur kawasan Puncak, Cisarua, Kabupaten Bogor sejak malam hingga pagi hari tadi. Akibatnya, tebing setinggi 7 meter di Jalan Raya Puncak, longsor.

Longsor itu terjadi di Jalan Raya Puncak, Desa Tugu Selatan, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Minggu (12/2/2017). Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun, arus lalu lintas di sekitar lokasi mengalami kemacetan karena material longsor sempat menutup sebagian badan jalan raya.

Kasat Lantas Polres Bogor, AKP Hasby Ristama mengatakan, material longsor berupa tanah, batu dan pepohonan kecil sempat menutup badan jalan dan membuat arus lalu lintas di sekitar lokasi terganggu.

"Pastinya arus lalu lintas terganggu akibat kejadian ini. Kita lakukan buka-tutup di sekitar lokasi, kendaraan melintas secara bergantian, agar arus lalu lintas tetap berjalan," kata AKP Hasby kepada detikcom, Minggu (12/2/2017).

Hasby menyebut, proses evakuasi material longsor dilakukan bersama pihak kementerian Pengerjaan Umum (PU) pusat, kepolisian, Satpol PP Kabupaten Bogor sejak pagi tadi. Material longsor diangkut dengan menggunakan loader dan eskavator,

"Evakuasi material longsor sudah dilakukan, dibantu kementerian PU pusat dan Satpol PP. Siang ini arus sudah normal (dua arah), evakuasi sudah dilakukan, hanya sisa longsor di pinggir tebing. Di lokasi juga sudah kita pasang police line supaya diketahui pengendara dan menjadi lebih waspada," kata Hasby.

Meski tidak hujan, cuaca kawasan Puncak saat ini sedang berkabut. Jalan licin dan jarak pandang yang terbatas, membuat jalan raya Puncak rawan terjadi kecelakaan. AKP Hasby menghimbau, agar pengendara yang saat ini melintas di jalan raya Puncak agar tetap waspada.

"Kabutnya tebal. Kondisi seperti ini, jarak pandang hanya 20 meter. Pengendara harus hati-hati, dan ikuti aturan dan arahan petugas, nyalakan lampu kendaraan agar pengendara di depan mengetahui keberadaan kendaraan lain," himbau Hasbyi.

Bencana longsor juga terjadi di sekitar sekitar Riung Gunung, Cisarua, Puncak, Bogor pada Sabtu (11/2/2017) siang. Material longsor juga sempat menutup sebagian badan jalan raya Puncak dan mengganggu arus lalulintas. Lokasi ini, bahkan disebut lokasi yang rawan terjadi longsor susulan.

"Beberapa titik di sepanjang jalur Puncak memang rawan terjadi longsor, termasuk di lokasi longsor kemarin, bahkan itu lebih rawan. Jadi semuanya harap tetap waspada," tutupnya. (imk/imk)




Post a Comment

Mohon berkomentar yang tidak menyinggung SARA. Mari bangun komentar yang konstruktif

Lebih baru Lebih lama