Drainase Buruk, Daerah di Ciawi ini Sering Kebanjiran


BOGORPOS.COM | Ciawi. Hujan yang mengguyur Bogor, sejak sepekan terakhir mengakibatkan banjir dikawasan Bakom Ciawi Kabupaten Bogor, seperti kemarin Kamis, (8/11/2016) pukul 14.30 Wib sampai dengan sore, akibat hujan deras, air meluap hingga ke halaman rumah warga dan meluber ke jalan raya. Sejumlah warga turun kerja bakti untuk membersihkan sampah yang terbawa banjir.

Menurut warga, penyebab banjir tersebut akibat dari tidak berfungsinya drainase saluran air dan kurangnya kesadaran warga dalam membuang sampah, serta saluran yang sebelumnya ada tapi ditutup oleh warga juga bangunan-bangunan liar yang ‘mencuri’ batas badan jalan.

“Dulu tidak pernah terjadi banjir dan air meluap seperti ini, sekarang malah tiap hujan jadi was-was,” kata Ade warga setempat.

Ia mengharapkan dinas terkait mengutamakan saluran air, jangan sampai jalan diperbaiki dan diperlebar tapi saluran airnya tidak dibuat. Dampaknya, warga yang rumahnya dipinggir jalan raya jadi korban setiap hujan turun.

“pemerintah harus segera membuat saluran air, kalau tidak warga yang rumahnya dipinggir jalan raya dirugikan,” ujarnya.

Hal yang sama dikatakan oleh Asep, yang setiap hujan deras halaman rumahnya terkena luapan air, bahkan pernah kebanjiran. Dia berharap pihak berwenang membuat saluran air, dan kalaupun ada bangunan liar yang sengaja menutup saluran air ditertibkan.

“Saya berharap saluran air dibuat agar warga tidak merasa cemas,” tandasnya. (Djava)


Post a Comment

Mohon berkomentar yang tidak menyinggung SARA. Mari bangun komentar yang konstruktif

Lebih baru Lebih lama